12 Feb 2013

Fadilah Membaca Basmalah (1)

Tahukah Anda bahwa Lafadz Basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ) memiliki banyak sekali fadilah. Sebagai Lafadz pembuka di setiap surat Al-Qur'an (kecuali surat Al-Ahzab) ternyata memiliki banyak kasiat yang berguna untuk manusia bagi yang mengetahuinya. Inilah beberapa kisah tentang keagungan lafadz Basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ).

Pada zaman dahulu ada seorang yang alim bernama
Abu Muslim al Kholani. Beliau adalah seorang pemimpin di zaman Dinasti Abbasiyah. Beliau saat itu sudah berusia senja. Suatu hari seorang budak perempuan beliau hendak meracuni beliau melalui air minum. Air minum tersebut diberi racun yang sangat mematikan. Kemudian Air Minum tersebut diberikan kepada Abu Muslim Al Kholani untuk diminumnya. Namun sebelum meminumnya, Abu Muslim Al Kholani terlebih dahulu membaca Basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ).

 Kemudian Abu Muslim Al Kholani meminum air air telah diberi racun yang sangat mematikan yang diberikan oleh budak perempuannya. Namun apa yang terjadi, Abu Muslim Al Kholani tidak terkena efek racun tersebut. Racun tersebut tidak berpengaruh terhadap diri Abu Muslim Al Kholani. Maka terheran-heranlah budak perempuan tersebut. Budak perempuan tersebut mengatakan bahwa air minum yang tadi diminum oleh Abu Muslim Al Kholani telah diberi racun yang sangat mematikan. Namun kenapa tidak berpengaruh sedikitpun terhadap diri Abu Muslim Al Kholani.

Abu Muslim Al Kholani pun menjawabnya. Bahwa racun tersebut tidak berpengaruh terhadap dirinya karena saat sebelum meminumnya Ia terlebih dahulu membaca basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ) sehingga ia pun dapat selamat dari racun yang mematikan itu.

Dari cerita tersebut dapat kita ambil sedikit pelajaran yang sangat berharga. Yaitu sebelum minum ataupun makan maka dahuluikan dengan membaca Basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ). Karena dengan membaca Basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ) Insya Allah, dengan izin-Nya maka terhindarlah segala kemadorotan yang ada pada makanan dan minuman tersebut.

Inilah sebuah kisah yang diambil dari pengajian ba'da Isya dari kitab Tuhfatul Mardiyah yang diajar oleh G.R.




0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com